MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT INDONESIA TERHADAP PEMBAYARAN PAJAK
Kata Kunci:
strategi komunikasi, tantangan, kesadaran, kepatuhan, pajak.Abstrak
Pajak merupakan sumber pendapatan utama negara untuk mendukung berbagai program pembangunan ekonomi, sosial, dan pelayanan publik di Indonesia. Namun, kesadaran masyarakat akan pentingnya membayar pajak masih rendah, hal ini dapat menghambat pencapaian target penerimaan negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pembayaran pajak. Melalui studi literatur dan analisis data kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi berbagai faktor yang menghambat kepatuhan perpajakan dan mengeksplorasi tantangan serta strategi komunikasi yang efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pembayaran pajak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kesadaran pajak disebabkan oleh beberapa faktor utama, antara lain: kurangnya pemahaman tentang manfaat pajak, persepsi ketidakadilan sistem perpajakan, dan minimnya sosialisasi yang komprehensif sehingga menjadi tantangan utama. Penelitian ini diharapkan bahwa masyarakat akan lebih memahami manfaat pajak dan terdorong untuk memenuhi kewajibannya agar dapat mendukung penerimaan pajak yang optimal dalam pembangunan Negara. Oleh karena itu, strategi komunikasi yang berbasis pada edukasi, transparansi, dan keterlibatan masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pajak di Indonesia.
Kata Kunci: strategi komunikasi, tantangan, kesadaran, kepatuhan, pajak.
