PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI E-FILING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Empiris pada KPP Pratama Lamongan)

Isi Artikel Utama

Qosim
Rina Sulistyowati
Mesra Amalia Ramadhani

Abstrak

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi e-filing terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (Pratama) yang didistribusikan kepada wajib pajak orang pribadi yang datang ke KPP Pratama Lamongan pada tanggal 31 Maret 2021 dengan menggunakan metode probability sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 99 responden. Kuesioner ini diuji dengan uji validitas dan uji keandalan sebelum penelitian. Tes asumsi klasik yang digunakan adalah tes normalitas, tes multikolinearitas, tes heteroskedastisitas, dan tes linieritas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan aplikasi SPSS. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa penggunaan aplikasi e-filing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Qosim, Sulistyowati, R., & Amalia Ramadhani, M. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI E-FILING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI: (Studi Empiris pada KPP Pratama Lamongan). Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 39(1), 1–7. Diambil dari https://ejournal.ahmaddahlan.ac.id/index.php/melati/article/view/61
Bagian
Artikel