PROFITABILITAS, UMUR PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa Subsektor Infrastruktur, Utilitas Dan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)

Isi Artikel Utama

Muhammad Fahim Rusydi
Yusuf Darmawan
Aranta Prista Dilasari
Heti Nur Ani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas, umur perusahaan dan ukuran perusahaan, profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA) dan ukuran perusahaan menggunakan LN (aset) terhadap audit delay. Penelitian ini di lakukan pada perusahaan jasa subsektor infrastruktur, utilitas dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 – 2019. Periode penelitian yang digunakan yaitu selama 3 tahun mulai tahun 2017 sampai dengan tahun 2019. Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan laporan keuangan untuk menguji hipotesis yang telah disusun terhadap variabel – variabel yang akan diteliti. Metode pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling dan didapatkan 14 sampel yang memenuhi kriteria dari 75 perusahaan. Variabel dalam penelitian ini berupa tiga variabel bebas yaitu profitabilitas, umur perusahaan dan ukuran perusahaan yang mempengaruhi audit delay sebagai variabel terikat, dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan software IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa profitablitas tidak berpengaruh terhadap audit delay, umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap audit delay, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap audit delay.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Muhammad Fahim Rusydi, Yusuf Darmawan, Aranta Prista Dilasari, & Heti Nur Ani. (2022). PROFITABILITAS, UMUR PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Kasus Pada Perusahaan Jasa Subsektor Infrastruktur, Utilitas Dan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 38(2), 35–47. Diambil dari https://ejournal.ahmaddahlan.ac.id/index.php/melati/article/view/48 (Original work published 10 November 2021)
Bagian
Artikel