ANALISIS MANAJEMEN STRATEGI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.58906/melati.v41i2.180Kata Kunci:
Manajemen Strategi, BAZNAS, BAZNAS LAMONGANAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen strategi yang diterapkan oleh Badan
Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lamongan dalam mengoptimalkan penghimpunan dan
pendistribusian zakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data
dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan
model interaktif Miles dan Huberman (2014), yang meliputi empat tahap utama yaitu pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
manajemen strategi BAZNAS Lamongan terdiri dari tiga proses utama yakni: 1) formulasi strategi
terdiri dari visi, misi, nilai, prinsip, dan tata tertib; 2) implementasi strategi dilakukan dengan
membuat program-program di bidang pengumpulan dan pendistribusian zakat, serta menetapkan
prosedur dan anggaran yang dibutuhkan, dan 3) evaluasi strategi dilakukan secara berkala yang
meliputi evaluasi internal di setiap bidang dan evaluasi menyeluruh. Penelitian ini memberikan
rekomendasi untuk pengembangan manajemen strategi yang lebih efektif, termasuk peningkatan
teknologi informasi, pelatihan dan pengembangan kapasitas amil, serta edukasi dan sosialisasi yang
lebih intensif. Dengan demikian, BAZNAS diharapkan dapat meningkatkan peran dan kontribusinya
dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Lamongan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Wahyu Tri Fajari Yanto, Ika Purwanti, Muhammad Dzikri Abadi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.