GAYA HIDUP, KELAS SOSIAL, DAN KEPRIBADIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN GRIYA PERMATA INSANI LAMONGAN

Penulis

  • Sumi Armi Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Mohammad Mahbub Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Sawabi Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Ardiansyah Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.58906/melati.v41i2.179

Kata Kunci:

Gaya Hidup, Kelas Sosial, kepribadian, Dan Keputusan Pembelian.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, kelas sosial, dan kepribadian terhadap keputusan pembelian perumahan di Griya Permata Insani Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi yang terdiri dari pelanggan Perumahan Griya Permata Insani Lamongan berjumlah 550 orang. Jumlah sampel dihitung menggunakan rumus Slovin dan diperoleh jumlah sampel 85 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup, kelas sosial, dan kepribadian memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian perumahan di Griya Permata Insani Lamongan. Gaya hidup mencerminkan preferensi konsumen terhadap aktivitas, minat, dan opini yang pada akhirnya mempengaruhi keputusan pembelian. Kelas sosial berpengaruh karena mencerminkan status ekonomi dan gaya hidup konsumen, yang memengaruhi pilihan tempat tinggal. Kepribadian mencerminkan karakteristik individu yang mempengaruhi bagaimana mereka memilih produk yang sesuai dengan nilai-nilai dan preferensi pribadi mereka. Pengelola perumahan perlu merancang promosi yang sesuai dengan gaya hidup dan kelas sosial target konsumen serta memastikan bahwa desain dan fasilitas perumahan dapat memenuhi kepribadian konsumen yang beragam. Dengan demikian, perumahan dapat lebih efektif menarik calon pembeli dan meningkatkan kepuasan penghuni.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-09

Cara Mengutip

Armi, S., Mahbub, M., Sawabi, & Ardiansyah. (2025). GAYA HIDUP, KELAS SOSIAL, DAN KEPRIBADIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERUMAHAN GRIYA PERMATA INSANI LAMONGAN . Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 41(2). https://doi.org/10.58906/melati.v41i2.179