PROMOSI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENABUNG (Studi pada Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah BEN IMAN Lamongan)
Keywords:
Promosi, Komunikasi, KeputusanAbstract
Koperasi Jasa Keuangan BEN IMAN Lamongan di tuntut untuk meningkatkan jumlah nasabahnya, untuk itu perlu dilakukan promosi dan komunikasi yang tepat untuk menjalankan peran dan fungsi strategis mensosialisasikan perbankan dan keuangan syariah kepada nasabahnya. Respon konsumen konsumen yang ada dimasyarakat menunjukan bahwa koperasi jasa keuangan Syariah BEN IMAN Lamongan belum melakukan promosi dan komunikasi secara maksimal kepada masyarakat atau nasabahnya, sehingga masih banyak para masyarakat atau nasabah yang belum memahami dengan benar atas produk jasa yang di tawarkan, mekanisme, sistim, dan selik beluk koperasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi dan komunikasi terhadap respon konsumen dan juga menganalisis pengaruh promosi dan komunikasi terhadap keputusan nasabah untuk menabung di Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah BEN IMAN Lamongan. Hipotesis pertama adalah Promosi dan komunikasi berpengaruh terhadap respon konsumen, dan Hipotesis kedua adalah promosi dan komunikasi berpengaruh terhadap keputusan nasabah untuk menabung di Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah BEN IMAN Lamongan.
Pengujian Hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan Uji t dan Uji F bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable independen terhadap variable dependen di uji dengan tingkat kepercayaan 90% atau a-10%. Hasil analisis untuk hipotesis menunjukan bahwa variable bebas ( promosi dan komunikasi) menjelaskan berpengaruh baik secara parsial dan simultan terhadap variable terikatnya ( keputusan konsumen) dengan tingkat signifikasi.