PERAN MEDIASI TINGKAT KEPUASAN PADA PENGARUH MENU MAKAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN

Penulis

  • Mesra Surya Ariefin Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Masram Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Dimas Ageng Prianto Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.58906/melati.v41i2.135

Kata Kunci:

Keragaman Menu, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Konsumen, kepuasan Konsumen

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung Keragaman Menu, Kualitas pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai variabel intervening pada masyarakat kecamatan Lamongan yang pernah membeli di rumah makan Cafe Tombo Luwe. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian yang digunakan adalah 100 responden, dengan teknik purposive sampling. Kuesioner digunakan sebagai instrument pengumpulan data. Data dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS) melalui penilaian inner model dan outer model. Hasil penelitian yang diperoleh adalah keragaman menu dan kualitas pelayanan berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas konsumen, keragaman menu dan kualitas pelayanan berpengaruh langsung terhadap kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen tidak menjadi perantara (mediator) yang menghubungkan antara keragaman menu dan kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen. Artinya, meskipun konsumen merasa puas, faktor utama yang membuat mereka loyal adalah keragaman menu dan kualitas pelayanan itu sendiri, bukan karena kepuasan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-09

Cara Mengutip

Surya Ariefin, M., Masram, & Ageng Prianto , D. (2025). PERAN MEDIASI TINGKAT KEPUASAN PADA PENGARUH MENU MAKAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN. Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 41(2). https://doi.org/10.58906/melati.v41i2.135