ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM

Isi Artikel Utama

Erna Nur Faizah
Abdul Majid

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Wingko Dapur Fira Lamongan dalam meningkatkan daya saing usahanya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat (SWOT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Wingko Dapur Fira Lamongan adalah strategi bauran pemasaran, yang terdiri dari produk, harga, tempat/distrbusi, dan promosi. Strategi yang dapat digunakan UMKM Wingko Dapur Fira Lamongan dalam upaya peningkatan daya saing berdasarkan matriks SWOT yaitu dengan memanfaatkan media sosial dan digital marketing, fokus pada niche market, kolaborasi kemitraan, inovasi produk berkelanjutan, dan pelatihan untuk pengembangan kapasitas.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nur Faizah, E., & Majid, A. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM. Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 40(2), 54–64. https://doi.org/10.58906/melati.v40i2.130
Bagian
Artikel