PENDAMPINGAN DAN DIGITALISASI PADA USAHA MIKRO KERIPIK SINGKONG UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING
DOI:
https://doi.org/10.58906/abadi.v3i2.199Kata Kunci:
transformasi digital, pemasaran digital, usaha mikro, keripik singkongAbstrak
Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing usaha mikro keripik singkong di Desa Deket Agung melalui transformasi digital. Pelatihan yang diberikan meliputi pemasaran digital, pembukuan digital, dan manajemen usaha berbasis aplikasi. Hasil dari pelatihan menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan penjualan hingga 30% dengan memanfaatkan media sosial dan platform e-commerce. Selain itu, penggunaan aplikasi pembukuan digital membantu pengelolaan keuangan yang lebih efisien. Meskipun demikian, tantangan utama yang dihadapi adalah kesulitan dalam penggunaan teknologi bagi beberapa peserta, yang menunjukkan perlunya pendampingan berkelanjutan. Program ini berhasil meningkatkan kapasitas pelaku usaha dan dapat diteruskan dengan pelatihan lanjutan untuk memperluas dampaknya di desa.

Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 M adhitya Nugraha Pratama, Masrur Anwar, Ika Purwanti, Imtinan widhah kumala, Irma Indira

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.