PELATIHAN AI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BERKARYA DI SMK TI PRATAMA PGRI SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.58906/abadi.v3i2.150Kata Kunci:
Artificial Intelligence, Teknologi Pendidikan, KreativitasAbstrak
Kemajuan pesat dalam teknologi Artificial Intelligence (AI) telah mengubah banyak aspek kehidupan modern, termasuk dalam bidang pendidikan. AI, yang merujuk pada kemampuan sistem komputer untuk melakukan tugas-tugas yang memerlukan kecerdasan manusia, menawarkan potensi besar untuk meningkatkan pengalaman belajar dan mempersiapkan siswa untuk masa depan yang lebih digital. Meskipun AI semakin sering digunakan dalam pendidikan, penerapannya masih belum merata di semua institusi pendidikan. Untuk mengatasi hal ini, pelatihan AI di SMK TI Pratama PGRI Samarinda dirancang untuk memperkenalkan dan mengimplementasikan teknologi AI dalam pembelajaran. Pelatihan ini menggunakan alat-alat AI seperti ChatGPT, Canva AI Art Generator, dan Gemini, dengan fokus pada peningkatan kreativitas siswa dalam desain grafis, pembuatan video, dan proyek multimedia. Melalui pendekatan yang mencakup teori, praktik, dan evaluasi, pelatihan ini bertujuan untuk memastikan pemahaman yang mendalam dan penerapan yang efektif dari AI. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kreativitas siswa, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dan peluang dalam dunia kerja yang semakin berbasis teknologi.

Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Annafi Franz

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.